56 Tahun Bermisi Tanpa Cuti

Tinggalkan Komentar


Amy Beatrice (alias Wilson) Carmichael (16 Desember 1867 -- 18 Januari 1951) adalah seorang misionaris Kristen Protestan di India, yang membuka sebuah panti asuhan dan mendirikan misi di Dohnavur. Ia bertugas di India selama lima puluh enam tahun tanpa cuti dan menulis banyak buku tentang pekerjaan misionaris.

Ia lahir di desa kecil Millisle di Irlandia Utara, dari pasangan Presbiterian yang saleh, David dan Catherine Carmichael, dan merupakan anak tertua dari tujuh bersaudara. Setelah kematian ayahnya, dia diadopsi dan dibimbing langsung oleh Robert Wilson, pendiri Konvensi Keswick. Dalam banyak hal, dia bukanlah calon yang memungkinkan untuk pekerjaan misionaris. Dia menderita neuralgia, penyakit saraf yang membuat seluruh tubuhnya lemah dan sakit serta sering terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu. Pada Konvensi Keswick 1887 itulah, ia mendengar Hudson Taylor berbicara tentang kehidupan misionaris. Segera setelah itu, ia menjadi yakin akan panggilannya untuk menjadi misionaris.

Awalnya, Amy ke Jepang selama lima belas bulan, tetapi dia kemudian menemukan panggilan seumur hidupnya di India. Ia ditugaskan oleh Gereja Inggris Zenana Missionary Society. Sebagian besar pelayanannya adalah dengan anak-anak perempuan, beberapa di antaranya diselamatkan dari pelacuran paksa. Organisasi yang didirikannya dikenal sebagai Persekutuan Dohnavur. Dohnavur terletak di Tamil Nadu, hanya tiga puluh mil dari ujung selatan India. Di bawah bimbingan penuh kasih, persekutuan itu menjadi tempat perlindungan bagi lebih dari seribu anak yang dinyatakan akan menghadapi masa depan yang suram. Dalam upaya menghormati budaya India, anggota organisasi itu mengenakan gaun India dan anak-anak diberi nama India. Dia sendiri mengenakan pakaian India, mencelup kulitnya dengan kopi, dan sering bepergian jauh di India yang panas, jalanan berdebu untuk menyelamatkan hanya satu anak dari penderitaan.

Pada tahun 1931, Carmichael terluka parah karena jatuh, yang membuat dia sering terbaring di tempat tidur sampai kematiannya. Amy Carmichael meninggal di India pada tahun 1951 pada usia 83 tahun. Ia meminta agar tidak ada nisan diletakkan di atas kuburnya; sebagai gantinya, anak-anak yang dirawatnya menempatkan tempat mandi burung di atasnya dengan satu tulisan "Amma", yang berarti ibu, dalam bahasa Tamil.

Karya Amy Carmichael juga meluas hingga ke buku cetak. Ia adalah seorang penulis yang produktif, yang menghasilkan tiga puluh lima buku yang diterbitkan, termasuk yang berjudul "His Thoughts Said ... His Father Said ..." (1951), "If" (1953), dan "Edges of His Ways" (1955). Mungkin yang paling dikenal adalah cerita sejarah awal, "Things as They Are: Mission Work in Southern India" (1903). (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Tlogical
Alamat URL : http://www.tlogical.net/biocarmichael.htm
Judul asli artikel : Amy Wilson Charmichael (1867–1951)
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 19 Agustus 2014

"Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil." (1 Korintus 9:16)

< http://alkitab.sabda.org/?1korintus+9:16>