RSS Misi

Subscribe to RSS Misi feed
Updated: 2 months 2 weeks ago

Bagaimana Tentang Mereka yang Belum Pernah Mendengar

Sen, 29/07/2019 - 12:43

Dear _____,

Anda bertanya apa yang terjadi pada orang-orang yang hidup jauh dari Injil dan tidak pernah mendengar tentang Yesus dan mati tanpa iman kepadanya. Inilah yang menurut saya diajarkan oleh Alkitab.

baca selanjutnya

Injil di Asia

Sen, 29/07/2019 - 12:31

Kemajuan Injil di Asia selama abad terakhir ini luar biasa. Gereja-gereja Kristen bertumbuh dan berkembang di negara-negara, seperti: Singapura, Malaysia, Taiwan, dan tentu saja Korea Selatan, yang menyombongkan diri memiliki beberapa gereja terbesar di seluruh dunia. Namun, Injil juga berakar di negara-negara yang mungkin tidak kita duga.

baca selanjutnya

Pelajaran Pemuridan: Pertobatan

Sen, 17/06/2019 - 14:27

Konsep: Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya di bumi, tema-Nya adalah "bertobatlah karena kerajaan Allah sudah dekat". Konsep pertobatan merupakan tema yang menjadi inti dari Alkitab. Semua orang diberitahu untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan.

baca selanjutnya

Kapan Yesus Lahir?

Sen, 17/06/2019 - 14:24

Sejak pertengahan bulan November, suasana Natal sudah mulai dihembuskan oleh pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Pada saat itu, gereja sendiri mungkin baru membentuk panitia Natal. Seakan tidak mau kehilangan waktu, dunia bisnis, melalui dekorasi pohon cemara bersalju, rusa, dan kereta salju serta bingkisan hadiah memberikan dorongan psikologis kepada calon pembeli untuk segera berbelanja. Suasana serba putih yang diciptakan dari tahun ke tahun itu juga membentuk citra bahwa Kristus lahir pada musim dingin yang bersalju di kota kecil bernama Betlehem.

baca selanjutnya

Anugerah Allah Bagi Kelasi yang Tidak Baik : John Newton

Jum, 14/06/2019 - 18:09

Sambil bergumul melawan ombak-ombak yang kuat dan puing-puing yang terapung-apung, John Newton berusaha berjalan sampai ke geladak "Greyhound", kapalnya. Di sana ia membantu agar pompa-pompa bekerja dan ikut serta membantu kelasi lainnya yang menimba air dengan kebingungan serta menyumbat bagian-bagian yang bocor.

baca selanjutnya

Mengucap Syukur Setiap Pagi

Jum, 14/06/2019 - 18:04

Bulan November setiap tahun di Amerika dikenal sebagai bulan Pengucapan Syukur (Thanksgiving Month) karena Thanksgiving Day jatuh pada hari Kamis terakhir setiap bulan November. Gereja-gereja mengadakan acara khusus pada bulan Thanksgiving tersebut, tidak ketinggalan gereja kita yang sudah mentradisikan mengadakan retreat setiap tahun. Demikian pula dengan persekutuan-persekutuan dalam gereja, masing-masing mengadakan acara khusus dengan makanan khusus. Keluarga-keluarga juga tidak mau ketinggalan mengadakan acara Thanksgiving, menghidangkan kalkun panggang sambil mengundang sanak-keluarga serta teman.

baca selanjutnya

Mengembangkan Situs Gereja Menjadi Situs Penginjilan

Sel, 11/06/2019 - 15:46

Oleh: Yulia Oeniyati

Belakangan ini, ada semacam tren yang mengasumsikan bahwa gereja yang maju harus memiliki situs. Maka tidak heran jika situs-situs gereja mulai bermunculan bak jamur di musim hujan. Memang merupakan suatu kebanggaan tersendiri ketika kita melihat nama dan foto gereja kita terpampang di internet.

baca selanjutnya

Teknologi Tidak Netral

Sel, 11/06/2019 - 15:42

Sebuah jam tangan berubah-ubah membagi waktu menjadi unit-unit, yang menentukan panjang sesi ini atau durasi sebuah program televisi. Sebuah kuesioner survei sederhana menentukan apa yang relevan dan menyingkirkan segala sesuatu yang lain. Kita dibentuk oleh alat yang kita gunakan.

baca selanjutnya

Multimedia: Sebuah Pengalaman dari India

Sel, 11/06/2019 - 15:37

"Nggak mau ... hari ini aku nggak mau pergi sekolah, Ma!" Dan mulai menangis ketika ibunya mulai memakaikan seragam sekolah kepadanya. "Oke, Nak," ibunya setuju, "Kamu boleh tidak pergi tapi kamu juga tidak boleh mendengarkan musik Balalokam lagi." Ibunya tahu bahwa inilah jalan satu-satunya untuk membujuk putranya yang baru berusia 6 tahun itu supaya mau bersekolah. Selama sebulan ini, Dan memang sedang terobsesi dengan Balalokam, sebuah kaset audio untuk anak- anak yang dibelikan ayahnya. Kaset itu menampilkan musik dan cerita dalam bahasa Malayalam, salah satu bahasa daerah di India. Dan pun berubah pikiran dan memutuskan untuk mau bersekolah kembali.

baca selanjutnya

Perjalanan Saya pada Teknologi dan Misi

Sel, 11/06/2019 - 15:34

Apa kaitan antara Fast Fourier Transform dan jaringan saraf buatan dengan Amanat Agung? Butuh bertahun-tahun bagi saya untuk menjawab pertanyaan ini.

baca selanjutnya

Dapatkah Saya Benar-Benar Bebas dari Dosa?

Rab, 29/05/2019 - 17:43

Menurut opini yang populer, untuk benar-benar bebas dari dosa dalam kehidupan ini adalah tidak mungkin. Dalam Roma 7, Rasul Paulus berbicara tentang melakukan apa yang dia benci. Akan tetapi, Paulus yang sama, menulis tentang benar-benar dibebaskan dari dosa (Roma 6:22). Jadi, apa artinya dibebaskan dari dosa itu?

baca selanjutnya

Selamat dari Perbudakan

Rab, 29/05/2019 - 14:30

Pertama, mereka mendengar suara mesin motor di dekat rumah mereka. Sementara S dan ibunya, MR, melihat orang yang bersepeda motor tersebut memacu motornya menyeberangi lapangan. Itu adalah M. M mendekati mereka dan turun dari sepeda motor. M menembakkan senjata pistolnya ke udara dan mendorong MR hingga jatuh ke tanah. Ia memukul S dan menyeretnya ke sepeda motor, memaksanya duduk di depannya. "Jika kamu bersuara, aku akan menembakmu," katanya, sambil mendorong ujung pistolnya di punggung S. MR berusaha mencegahnya, tetapi tidak mampu karena M mencekiknya. M melepaskan cekikannya dan memacu motornya. Ia membawa S ke rumahnya. Di dalam rumah ini, ia menjebloskan gadis ini ke dalam sebuah kamar yang hanya dilengkapi dengan sebuah tikar di lantai. Kamar ini akan menjadi penjaranya dan ruang penyiksaan selama empat bulan setelah hari itu.

baca selanjutnya

Pelayanan Maritim

Rab, 29/05/2019 - 12:06

Perkembangan cepat dari beragam kapal yang digunakan untuk melakukan pelayanan Kristen membuktikan bahwa Roh Kudus telah menggunakan kapal tersebut untuk:

baca selanjutnya

Bagaimana Membimbing Anak Kepada Kristus?

Sen, 20/05/2019 - 14:23

Membimbing Anak kepada Kristus -- Apa Itu?

Sebelum kita memperhatikan alasan mengapa kita harus membimbing anak kepada Kristus, kita harus mempunyai gambaran yang jelas apa yang dimaksudkan dengan membimbing anak kepada Kristus itu.

baca selanjutnya

Robert Raikes Memulai Sekolah Minggu (1780)

Sen, 20/05/2019 - 14:19

Atas permintaan Robert Raikes, seorang editor surat kabar yang baik, Ny. Meredith menerima segerombolan anak jalanan di dapur rumahnya di Sooty Alley. Raikes bahkan membayar Ny. Meredith satu shilling setiap hari Minggu untuk mengajar anak-anak yang berpakaian compang-camping ini membaca Alkitab dan mengulanginya di luar kepala. Tetapi anak-anak ini luar biasa bandelnya. Mereka adalah anak-anak yang terkungkung di sebuah pabrik yang basah dan gelap di Gloucester, Inggris, selama enam hari dalam satu minggu. Mereka hanya mendapat kesempatan bergembira pada hari Minggu, dan pada hari-hari Minggu itulah mereka menjadi liar. Setiap Minggu para petani dan pemilik toko merasa takut pada kenakalan anak-anak ini. Robert Raikes berharap bahwa sekolah minggu ini akan mengubah hidup anak-anak itu, tetapi mereka membawa kebiasaan yang menjijikkan dan mengerikan itu ke dapur Ny. Meredith. Ny. Meredith tidak sanggup menangani mereka.

baca selanjutnya

Lebih Jauh Tentang Budaya dan Identifikasi

Rab, 15/05/2019 - 18:11

Jika ada orang Kristen yang menghakimi orang non-Kristen dengan menyebut mereka sebagai jahat, kafir, dan berdosa, orang Kristen itu telah bersalah. Budaya Kristen yang seperti itu sebenarnya juga suatu dosa. Pekerja lintas budaya perlu memahami bahwa sebagian besar budaya adalah netral.

baca selanjutnya

Mengapa Saya Mau Menjadi Hamba Tuhan?

Rab, 15/05/2019 - 17:54

Ketika saya diminta untuk mengisi ruang kesaksian dalam sebuah buletin, saya bingung harus mulai dari mana. Apa yang harus saya sampaikan, yang bisa menjadi berkat bagi orang yang membacanya? Lalu saya teringat akan suatu kejadian yang pernah saya alami 28 tahun lalu, ketika saya memutuskan untuk masuk ke Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT). Mungkinkah ini sudah basi? Saya pikir tidak ada yang basi dalam hal mengingatkan kembali panggilan Tuhan dalam hidup saya. Justru melalui kesaksian inilah saya akhirnya bersedia diteguhkan dalam jabatan pendeta untuk lebih maksimal lagi melayani Tuhan. Juga, supaya saya tetap berjalan dalam "rel" yang semestinya. Saya pikir, setiap orang yang melayani Tuhan perlu mengingat kembali panggilannya yang mula-mula. Entah itu 1 tahun, 5 tahun, 20 tahun, atau bahkan 30 tahun yang lalu agar semangat dan kasih yang mula-mula tetap berkobar dan ingat "status saya adalah HAMBA TUHAN bukan HAMBAT TUHAN".

baca selanjutnya

Pandangan Saya tentang Misi

Sel, 14/05/2019 - 15:06

Oleh: Abraham Aji

Seperti kebanyakan orang percaya, konsep bermisi dan memberitakan Injil bukanlah sesuatu yang asing di telinga saya. Subjek ini sudah sering saya dengar, baik dalam khotbah, kesaksian, maupun dari membaca Kitab Suci, tepatnya dalam Kitab Matius pasal 28 yang membahas Amanat Agung. Kesan saya pada pekerjaan misi adalah bahwa misi merupakan tugas mulia yang diemban oleh setiap orang percaya. Namun, penerapannya masih cukup samar bagi saya. Pengertian saya terhadap misi adalah melakukan perjalanan ke suatu daerah/negara yang memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dengan kita, dengan masyarakat yang belum mengenal Injil, dan kemudian memberitakannya. Ini adalah pekerjaan besar, dan rasanya tidak semua orang siap meninggalkan segalanya untuk memulai pelayanan di tempat yang benar-benar baru. Belum lagi kendala-kendala lain yang mungkin menyebabkan seseorang tidak bisa bermisi ke luar wilayahnya.

baca selanjutnya

Kesaksian Pelayanan EHC di Hongaria

Kam, 09/05/2019 - 16:13

"Kuasa Yesus sungguh luar biasa!"

Di Hongaria, kami melayani orang yang mencoba mengatasi kesendiriannya dengan alkohol, sementara yang lain mengalami depresi yang mendalam, berusaha bunuh diri, dan menganut pengajaran sesat. Kami dapat melihat penyesalan yang mendalam, ketakutan, kesakitan dan kesendirian.

baca selanjutnya

It's Time For Mission

Kam, 09/05/2019 - 16:09

Dalam salah satu seminar misi dunia, Dr. Samuel Escobar pernah berkata: "Setelah menganalisis kondisi dunia, maka saya berkeyakinan bahwa tidak ada masa yang lebih tepat untuk bermisi, kecuali pada abad ini." Pengertian misi di sini mencakup tiga konsep dasar:

baca selanjutnya

Pages

Tinggalkan Komentar